370 USER SEDANG ONLINE

JUAL KOI     LELANG KOI     DIREKTORI     ARTIKEL     VIDEO     GALERI KOLAM     ACARA & LOMBA     DISKUSI     KOI CHAMPION     KONTES KOI   

ARTIKEL KOI I Obat dan Dosis  
 
<< First < Prev Page 1 of 2 Next > Last >>  
Operasi
Cara pengobatan yang jarang dilakukan di Indonesia, karena tidak adanya jaminan koi bakal tetap selamat setelah operasi selesai.
 
Suntikan
Seperti yang sudah. kita bayangkan, suntikan biasanya dipakai untuk mengobati bagian dalam tubuh koi. Penyakit karena bakteri menuntut kita untuk melakukan pengobatan dengan cara ini.
 
 

 
 
Pengolesan
Cara olesan umumnya dipakai untuk mengobati penyakit yang menyerang tubuh bagian luar koi.
 
Pemandian (Bathing)
Pemandian atau perendaman koi dalam bejana yang berisi air yang sudah dicampur dengan obat dapat mengobati koi yang terserang White spot, kutu ikan, jamur, lernaea.
 
Pengobatan Lewat Mulut
Pengobatan lewat mulut dilakukan dengan mencampurkan obat pada makanan koi. Cara ini dilakukan terhadap koi yang terserang bakteri ataupun karena kekurangan gizi.
 
 
 A
   D
     V
 
 
Oxytetracyline
Oksitetrasiklin hidroklorida merupakan antibiotik yang kadang-kadang digunakan dalam pengobatan penyakit akibat infeksi bakterial sistemik pada ikan
 
Metronidazol dan Di-metronidazol
Metronidazol dan di-metrinidazol adalah obat antimikroba yang dibuat dan dikembangkan untuk manusia untuk melawan bakteri-bakteri anaerob dan protozoa.
 
Metil Biru (Methylene Blue)
Metil biru merupakan pewarna thiazine yang kerap digunakan sebagai bakterisida dan fungsida pada akuarium. Di beberapa tempat penggunaan bahan ini sudah semakin tidak populer karena diketahui mempunyai pengaruh buruk terhadap filtrasi biologi dan kemampuan warnanya untuk melekat pada kulit, pakaian, dekorasi akuarium dan peralatan lainnya termasuk lem akuarium.
 
 
 A
   D
     V
 
 
Klorin dan Kloramin
Klorin dan kloramin merupakan bahan kimia yang biasa digunakan sebagai pembunuh kuman (disinfektan) di perusahan-perusahan air minum seperti PAM atau PDAM.
 
Kalium Permanganat (PK)
Kalium permanganat (PK) merupakan oksidator kuat yang sering digunakan untuk mengobati penyakit ikan akibat ektoparasit dan infestasi bakteri terutama pada ikan-ikan dalam kolam.
 
Hidrogen Peroksida
Larutan jernih ini sepintas mirip air, dengan rumus kimia yang nyaris serupa H2O2. Meskipun demikian jangan coba-coba untuk mengkonsumsinya.
 
Garam Inggris/Epsom salts (MgSO4.7H20)
Garam inggris biasa digunakan untuk meningkatkan kadar mineral dalam air, dan sering efektif dalam mengobati sembelit (tidak bisa buang kotoran) pada ikan.
 
<< First < Prev Page 1 of 2 Next > Last >>