BreederKoi

Metronidazol dan Di-metronidazol

Metronidazol dan di-metrinidazol adalah obat antimikroba yang dibuat dan dikembangkan untuk manusia untuk melawan bakteri-bakteri anaerob dan protozoa. Dalam dunia ikan hias, diketahui, obat ini biasa digunakan untuk mengobati hexamitiasis.
 
Dosis dan Cara Pemberian
Apabila dalam akuarium anda sebagian besar atau seluruhnya terdiri dan cichlid maka pengobatan dengan metronidazol dapat dilakukan pada akuarium tersebut. Kalau tidak, maka pengobatan sebaiknya dilakukan pada tempat terpisah. Seluruh cichlid dari akuraium yang terjangkit harus diperlakukan dengan obat ini secara menyeluruh. Sejauh ini tidak dilaporkan adanya efek negatif dari penggunaan obat ini terhadap kinerja filter biologi.
 
Metronidazol.
Dosis yang disarankan adalah 10 ppm. Obat ini biasanya berbentuk tablet dengan kadar 250 mg/tablet. Sebelum digunakan, tumbuk halus tablet tersebut dan campur dengan air. Selanjutnya, sesuai dengan takaran yang diperlukan, masukan larutan tersebut kedalam akuarium. Perlakuan ini harus diulang selang sehari, hingga sebanyak 3 ulangan. Anda dapat melakukan pergantian air sebanyak 25 % selama perlakuan, sehari sebelum perlakuan dilakukan. Apabila ikan yang terjangkit masih mau makan, disarankan agar metronidazol diberikan secara oral, yaitu dicampurkan pada pakan mereka. Dosis yang direkomendasikan adalah 1 % berat. Secara praktis hal ini dapat dilakukan dengan cara mencelupkan pakan pada larutan metronidazol sebelum diberikan atau dengan mencampurkan tepung metronidazol pada pakan mereka.
 
Di-metronidazol.
Dosis = 5 ppm. Diberikan seperti halnya cara pemberian metronidazol, tetapi ulangan dilakukan dengan selang 3 hari (4 hari sekali). Pada kasus berat, pengobatan dapat dilakukan dengan perendaman selama 48 jam dengan dosis 0.004 %..