BreederKoi

Hama/Penyakit

Argulus

Argulus atau kutu ikan merupakan parasit ikan dari golongan udang-udangan keluarga Branchira.  Parasit ini masuk ke dalam akuarium biasanya melalui pakan hidup.  Diketahui ada sekitar 30 spesies Argulus.

Limfosistis

Limfosistis merupakan penyakit ikan yang disebabkan oleh sejenis virus. Penyakit ini dapat menyerang sejumlah besar ikan, akan tetapi serangannya biasanya terbatas pada jenis-jenis ikan yang telah mengalami evolusi lanjut, seperti keluarga cichlid

Busuk Mulut

Tidak sedikit para hobiis melaporkan ikannya terserang penyakit dengan tanda-tanda mulut membengkak, tidak bisa mengatup dan disusul kematian dalam waktu singkat. Apabila anda mendapati ikan dalam kondisi demikian, kemungkinan besar ikan anda terserang busuk mulut.

Dropsy

Pernahkah anda menemukan ikan kesayangan anda berperut sangat buncit, padahal ikan tersebut tidak sedang "hamil" atau bahkan berkelamin jantan, dan bukan pula kelompok ikan berperut buncit ??.

Busuk Sirip / Ekor (Fin/Tail Rot)

Busuk sirip atau busuk ekor merupakan fenomena terjadinya proses pembusukan atau kerusakan pada sirip atau ekor ikan. Hal ini biasanya diawali dengan munculnya garis putih kelabu disepanjang sirip yang terinfeksi, kemudian dilanjutkan dengan tercabik-cabiknya bagian membran halus sirip yang dimulai dari bagian tepi sirip/ekor.

Parasit Pada Sistem Pencernaan (Capillaria)

Capillaria adalah nama jenis cacing dari genus nematoda. Cacing ini merupakan parasit pada sistem pencernaan dan juga pada hati ikan. Capillaria diketahui kerap menyerang ikan Diskus (Symphysodon spp) dan Angelfish (Pterophyllum spp).

Mata Berkabut (Cloudy Eye)

Mata berkabut atau "cloudy eye" ditandai dengan memutihnya selaput mata ikan. Permukaan luar mata tampak dilapisi oleh lapisan tipis berwarna putih.

Perut Buncit (Dropsy)

Pernahkah anda menemukan ikan kesayangan anda berperut sangat buncit, padahal ikan tersebut tidak sedang "hamil" atau bahkan berkelamin jantan, dan bukan pula kelompok ikan berperut buncit ??.

Euthanasia

Dalam memelihara ikan hias, ada kalanya kita dihadapkan pada suatu pilihan yang sulit, khususnya pada saat ikan kesayangan tersebut menderita suatu penyakit atau mengalami luka-luka yang parah. Keputusan untuk menentukan apakah harus mencoba mengakhiri penderitaan ikan tersebut (Euthanasia)

Parasit Pada Sistem Pencernaan Hexamita

Hexamita merupakan parasit yang sering menyerang ikan dari famili cichlidae.  Penyakit ini boleh dikatakan sebagai penyakit "bawaan", karena protozoa hexamita selalu dijumpai pada sistem pencernaan keluarga cichlid.  Hexamita diketahui gampang berpindah dari satu cichlid ke cichlid yang lain.