BreederKoi

Pakan

Artemia Salina (Brine Shrimp)

Artemia merupakan kelompok udang-udangan dari phylum Arthopoda. Mereka berkerabat dekat dengan zooplankton lain seperti copepode dan daphnia (kutu air). Artemia hidup di danau-danau garam (berair asin) yang ada di seluruh dunia. Udang ini toleran terhadap selang salinitas yang sangat luas

Astaxantin

Saat kita membaca label kandungan bahan pada beberapa produk pakan ikan, tidak jarang kita menemukan kata Astaxanthin sebagai salah satu bahan pada pakan tersebut. Apakah sebenarnya Astaxanthin ini?? Mengapa pula para produsen pakan ikan menambahkan bahan tersebut pada ramuan pakan ikannya?

Cacing Darah (Blood worm)

Blood worm atau cacing darah adalah larva serangga golongan Chironomus. Oleh karena itu, meskipun disebut sebagai cacing, binatang ini sama sekali bukan golongan cacing-cacingan tetapi serangga. Nyamuk Chironomus tidak menggigit dan kerap dijumpai di perairan bebas dengan dasar berlumpur atau berpasir sangat halus yang kaya akan bahan organik.

Daphnia

Daphnia seringkali dikenal sebagai kutu air karena kemiripan bentuk dan cara bergeraknya yang menyerupai seekor kutu (Gambar 1) . Pada kenyataannya Daphnia termasuk dalam golongan udang-udangan dan tidak ada hubungannya dengan kutu secara taxonomi

Kebutuhan Nutrisi Ikan

Seperti halnya manusia ikan memerlukan nutrisi yang baik agar bisa hidup dengan sehat. Oleh karena itu ikan perlu diberi makan dengan makanan yang mengandung kadar nutrisi yang memadai. Nutrisi yang harus ada pada ikan adalah protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin.

Kultur Kutu Air

Kutu Air adalah nama yang tidak asing dikalangan peternak ikan hias. Untuk menyediakan kutu air bagi keperluan anak ikan, yang paling mudah adalah dengan membelinya di kios ikan hias, akan tetapi apabila pasokan kutu air tidak bisa diandalkan kontinyuitasnya maka membiakkan sendiri kutu air adalah jalan terbaik.

Lumbricus Rubellus

Lumbricus rubellus sebagai alternatif pakan ikan hias bisa menjadi suatu pilihan yang menyenangkan. Selain kandungan gizinya baik, cacing tanah ini merupakan salah satu cacing yang paling banyak dikomersialkan dan diproduksi secara masal.

Ulat Hongkong

Ulat yang satu ini kerap dijadikan salah satu alternatif pakan ikan. Panjang tubuhnya bisa mencapai 3 cm. Pada awalnya, khususnya di Indonesia, ulat ini dikenal sebagai pakan burung, dan banyak dijumpai di toko-toko atau kios-kios penjual burung.

Jenis Pakan Ikan Koi

Pakan untuk ikan koi tersedia dalam berbagai jenis dan formulasi, dirancang untuk memenuhi kebutuhan gizi khusus ikan koi. Pemilihan pakan yang tepat dapat berkontribusi pada kesehatan, warna, pertumbuhan, dan kejernihan warna ikan koi

Pakan Pellet koi

Pakan pellet koi adalah salah satu jenis pakan yang umum digunakan untuk memberi makan ikan koi. Pakan ini hadir dalam bentuk butiran atau pellet dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi ikan koi.